Selamat Datang di Dini's Corner, Blog yang dibuat oleh orang yang maniak dengan petualangan. Just enjoy my posting! Check it Out ! Kerjakan Dengan Kemampuan Kalian Sendiri !!! | Dini's Corner

.

Powered by Blogger.

FT (Five Treasure) Island Logo
RSS

Kerjakan Dengan Kemampuan Kalian Sendiri !!!

Jika sekarang kamu masih duduk di bangku sekolah, pasti kamu tak asing lagi dengan kata 'NYONTEK'. Sebagian pelajar di Indonesia pasti pernah melakukan hal itu. Meskipun itu adalah perbuatan yang tercela tapi masih saja banyak pelajar di Indonesia yang tetap melakukan hal itu. Mereka lebih memilih mendapatkan nilai bagus dengan menggunakan cara yang instan daripada mendapatkan nilai bagus dengan suatu proses. Belajar adalah proses yang harus ditempuh untuk mendapatkan nilai yang bagus. Namun sekarang ini banyak pelajar menganggap belajar itu tidak penting dan sangat membosankan. Sehingga bisa kalian sadari sendiri, di sekolah kalian masing-masing praktek nyontek ini sangat sering dilakukan oleh para pelajar.

Yang saya tekankan disini adalah kenapa sih kalian itu lebih suka nyontek daripada menggunakan otak kalian sendiri untuk berpikir. Apakah itu sulit, sobat ?. Padahal jika kalian mendapatkan nilai bagus dengan usaha yang kalian lakukan sendiri, pasti akan muncul kepuasan tersendiri di hati kalian. Benar ! itu tidak bohong. Saya sudah sering mempraktekannya. Jika kalian tak percaya cobalah sendiri !

Dan kalian juga harus tahu bagaimana perasaan teman yang kalian mintai contekan itu. Apakah perasaan  mereka tidak 'menderita' ?, karena apa yang mereka pikir dengan menggunakan semua kemampuan mereka tinggal kalian contoh seenaknya saja. Dari beberapa sumber yang saya ketahui, banyak sekali pelajar yang terpaksa memberikan contekan kepada temannya karena takut dimusuhi oleh temannya atau takut dibilang pelit oleh temannya karena tak mau memberikan contekan. Apakah kalian bisa merasakan perasaan yang dialami teman-teman kalian itu ?. Saya bisa berbicara demikian karena itulah yang saya alami selama ini. Bagaimana teman-teman saya hanya meng-copy paste apa yang saya kerjakan dengan susah payah itu. Jerih payah yang saya lakukan dengan mudahnya berpindah ke buku tugas mereka. Sakit ! itu yang saya rasakan ketika teman-teman saya mencontoh jawaban saya. Mungkin kalian boleh berpikir saya adalah pribadi yang egois dan tak mau memikirkan orang lain. Hanya ada satu jawaban untuk kalian yang bilang begitu, kalian salah !

Saya tak mau memberikan contekan kepada teman-teman saya bukan karena saya egois ataupun saya pelit. Tapi saya sangat mengagungkan apa yang dikatakan kerja keras itu. Kita tak akan hidup enak jika hanya mengandalkan orang lain dan bergantung kepada mereka tanpa melalukan kerja keras. Itu yang ingin saya ajarkan kepada teman-teman saya. Dan yang kedua, saya tak ingin membunuh otak teman saya. Karena jika saya memberikan contekan kepada teman saya, pasti dia akan terus dan terus meminta contekan pada saya. Mereka akan cenderung suka meminta contekan daripada berpikir menggunakan otaknya sendiri. Dengan begitu otak mereka akan mati ! karena tak pernah dipakai untuk berpikir.

Jadi sobat, tolong pikirkan apa yang saya katakan itu. Apakah yang saya katakan itu benar atau salah ?. Hanya kalianlah yang bisa menilainya sendiri. Saya mengatakan itu semua karena saya tak ingin ada orang-orang yang menderita karena terpaksa untuk memberikan contekan kepada temannya. Tapi jika kalian menganggap apa yang saya katakan itu hanyalah omong kosong belaka, saya tak akan menyalahkan kalian. Karena setiap orang mempunyai pendapatnya masing-masing. Satu hal yang ingin saya katakan, " Janganlah jadi orang yang suka menggantungkan orang lain ! Percayalah kepada kemampuan kalian sendiri. Karena tak ada sesuatu yang tak dapat diselesaikan denga kerja keras."

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment